Konsep Pembangunan Ekonomi

   
Lingkaran Kemiskinan Indonesia

Pengertian Pembangunan Ekonomi adalah : proses multidimensional yang menyebabkan terjadinya perubahan menuju perbaikan dalam struktur social, sikap mental dan organisasi masyarakat. Unsur-unsur yang terkandung dalam Pembangunan adalah Proses terus menerus, Membawa kemajuan dan perbaikan, terarah. Sementara itu Factor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi, Sumber daya manusia, Sumber daya alam, Pembentukan modal, Teknologi, Sistem social dan sikap masyarakat

Tujuan Pembangunan Nasional, Tertuang dalam program pembangunan nasional atau propenas, yaitu tercapainya taraf hidup masyarakat dan kesejahteraan, berkeadilan dan berkelanjutan melalui upaya mempercepat pemulihan ekonomi dan mewujudkan landasan pembangunan berkelanjutan. Sedangkan tujuan pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. 
  2. Memperluas distribusi kebutuhan pokok 
  3. Memperluas kesempatan kerja 
  4. Memperbiki kualitas pendidikan 
  5. Meningkatkan pendapatan masyarakat 
  6. Meningkatkan pemahaman dan tingkah laku masyarakat dalam menjunjung nilai-nilai luhur(agama,social dan cultural) 
  7. Memperluas pilihan-pilihan ekonomi dan social bagi setiap individu serta bangsa secara keseluruhan,seperti bebas dari sikap ketergantungan dari Negara lain.
Permasalahan pembangunan ekonomi Indonesia, Kemiskinan, Keterbelakangan, Lapangan kerja, Pemerataan pembangunan. Dalam GBHN 1999-2004 sebagai landasan pembangunan ekonomi menyebutkan adanya 5 masalah utama yang diwariskan oleh pelaksana pembangunan ekonomi di masa orde baru yaitu:
  • Merebaknya konflik social dan munculnya gejala diinregrasi bangsa 
  • Lemahnya penegakkan hukum dan HAM 
  • Pemulihan ekonomi yang berjalan lambat 
  • Kesejahteraan masyarakat rendah,banyaknya penyakit social dan kesatuan kebudayaan nasional yang lemah 
  • Kurang berkembangnya potensi daerah dan masyarakat dalam pembangunan
Dampak positif pembangunan ekonomi, Meningkatkan taraf hidup masyarakat. Meningkatkan persediaan barang dan jasa. Meningkatkan semangat dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembangan zaman. Meningkatkan sikap kemanusiaan dan kesetiakawanan sosial. Membantu masyarakat untuk hidup lebih murah.

Dampak negatif pembangunan ekonomi yaitu Perubahan fisik lingkungan hidup, Perubahan mata pencaharian. Perubahan lingkungan hidup sosial, Perubahan lingkungan alam akibat pencemaran.

Keberhasilan dan Kegagalan pembangunan ekonomi di Indonesia

Orde lama, Pada masa ini pemarintah telah berhasil mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan. Dengan kemerdekaan maka bangsa Indonesia dapat menentukan pembangunan sesuai dengan kehendak rakyatnya. Namun pada masa ini pembangunan belum bisa berjalan dengan baik karena situasi Negara masih belum aman dengan adanya gangguan keamanan baik dari luar maupun dalam negeri.

Orde baru, keberhasilannya antara lain: Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi (rata-rata 7% per tahun), Swasembada beras pada tahun 1985, Mampu menekan angka kelahiran bayi, Pemerataan penduduk melalui progam transmigrasi, Mampu menekan laju inflasi dari 650% menjadi rata-rata dua digit saja, Ekspor nonmigas meningkat. Kegagalannya ekonomi orde baru antara lain: Pelaksanaan pembangunan sangat bergantung pada pinjaman Negara lain hingga kemandirian ekonomi rakyat menjadi lemah, KKN banyak terjadi di segala bidang, Pembangunan dan distribusi pendapatan tidak merata.

Orde Reformasi, Keberhasilan nya antara lain: Terciptanya kebebasan pers yang bermanfaat sebagai alat control pembangunan, Kehidupan politik yang demokratis dan dinamis, Desentralisasi dan otonomi daerah, Sumber daya daerah dapat dikembangkan lebih maksimal. Dari pandangan Kegagalan ekonomi era reformasi antara lain: Anggaran di tingkat pusat menurun sehingga banyak daerah/pulau yang hilang, Banyaknya penguasa baru sehingga KKN lebih merata, Kebebasan yang tanpa batas sehingga menimbulkan perpecahan dalam masyarakat.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait