Sejarah dan Perkembangan Ilmu Ekonomi

   
Sebuah ilmu pengetahuan merupakan produk alam yang berasal dari akal pkira manusia. Begitu juga dalam ilmu ekonomi. Ilmu ini lahir dari pikiran manusia. Pemikiran tersebut melahirkan ide dalam bentuk rumusan penyelesaian masalah. Hal ini tentu saja dilatar belakangi karena ada permasalahn permasalahan yang muncul di tengah masyarakat. Untuk lebih lengkapnya sejarah dan perkembangan ilmu ekonomi ini sebagai berikut. 
Sejarah dan Perkembangan ilmu Ekonomi

Sejarah lahirnya ilmu Ekonomi

Masalah masalah ekonomi telah ada sehak manusia ada di muka bumi. Pada sistem yang masih sederhana dahulu kala, maka orang yang ditugaskan menyelesaikan masalah tersebut antara lain ahli negara, ahli filsafat dalam pemerintahan. Kita ambil contoh pada zaman Yunani kuno, tersebut nama Aristotle. Aristotle telah merumuskan masalah masalah tentang harga dan nila, pajak, keuangan negara, pasar efisiensi dan efektivitas tenaga kerja dan lainnya.

Pada perkembangannya di abad 16 dan abad 17 sistem negara nasional mulai berkembang luas di dunia. Ini menyebabkan jangkauan perdagangan lebih luas tanpa ada perselisihan seperti jaman sistem pemerintahan oleh para raja. Pada masa ini muli muncul masalah ekonomi praktis (kaum ini dikenal dengan aliran fisiokrat dan merchatilism). Pemikiran pemikiran tersebut belum bersifat sistematis dan terstruktur.

Penyusunan pemikiran yang sistematis terhadap masalah ekonomi ini baru muncul pada abad ke18. Ini sebagai bentuk tuntutan zaman dan situasi pada saat itu. Seperti dikenang dalam sejarah adanya revolusi industri dari berbagai negara, contohnya di Inggris dan Prancis.

Ilmu Ekonomi Mulai dengan Pemikiran Sistematis

Sebagai pelopor ilmu ekonomi dengan bentuk yang sistematis ini dikenalah bapak ekonomi Adam Smith. Beliau menulis buku ‘ An Inquiry into the Nature and Cause of the Wealth of Nations’. Buku tersebut mulai diterbitkan pada tahun 1776. Pada buku tersebut Adam Smith mulai menjelaskan kehidupan ekonomi secara total dan menunjukkan bahwa satu permasalahan terkait dengan masalah lainnya. Seiring dengan perkembangan tersebut, muncul beberapa tokoh ekonomi lainnya seperti Thomas Malthus, David Ricardo, J Stuart Mill dan JB Say. Mereka ini digolongkan pada kelompok ekonomi beraliran klasik. Terkait : Ringkasan Biografi Adam Smith.

Sebagai penantang, lahirlah aliran sosialisme yang dipelopori Karl Marx. Meskipun demikian perkembangan aliran klasik ini tetap melaju hingga melahirkan teori neo-klasik. Teori tersebut masih digunakan hingga saat ini dimana berfokus pada ekonomi mikro.

Pada masa pertumbuhan ilmu ini, awalnya ilmu ekonomi lebih dikenal sebaga politik ekonomi (political economy). Hal ini dikarenakan penyelesaian permasalahan ekonomi dipandang sebagai juga sebagai bagian masyarakat dan bagian politik.

Perkembangan pada abad ke 19, ternyata ilmu ekonomi ini tidak bisa mengikuti perkembangan masyarakat, karena hanya berfokus pada bidang ekonomi mikro. Ini terbukti dengan terjadinya kondisi ekonomi yang merosot pada tahun 1930.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment