Soal Ekonomi SMA tentang Pendapatan Nasional

   
Pada post kali ini kami akan berbagi soal pg (pilihan ganda) tentang Pendapatan Nasional. Materi ini meliputi pengertian dan penjelasan serta penghitungan pendapatan nasional. Soal pg tentang pendapatan nasional ini terdiri dari 20 soal. Semoga bisa digunakan untuk bahan evaluasi pembelajaran ekonomi.

soal pg tentang pendapatan nasional
Soal 1. Pengertian dari pendapatan disposibel adalah.
(a) pendapatan yang siap untuk digunakan.  (b) pendapatan yang siap diinvestasikan.  (c) pendapatan yang siap ditabungkan.  (d) pendapatan yang diterima.   (e) pendapatan dikurangi pajak.

Soal 2. Keseluruhan nilai barang dan jasa yang diproduksi suatu negara. Baik yang dari dalam negeri, luar negeri sekalipun dalam waktu setahun tanpa memperhitungkan produksi asing di dalam negeri. Pernyataan tersebut menjelaskan.
a) personal income  b) national income.  c) net national income   d) gross national income. e) gross domestic product.

Soal 3. Diketahui GDP Rp 60.000,-. Penyusutan Rp 3.000,- Pajak tak lansung Rp 2.000,-. Berdasarkan data tersebut maka nilai dari NNP.
a) Rp 60.000,-   b) Rp 63.000,-   c) Rp 57.000,-.   d) Rp 62.000,-     e) Rp 55.000,-.

Soal 4. Keadaan dimana menunjukkan kecendrungan harga naik secara terus menerus disebut.  [ a) depresiasi   b) revaluasi    c) devaluasi     d) inflasi     e) deflasi. ]

Soal 5. Dari pernyataan berikut. Defenisi pendapatan nasional adalah.
a) nilai barang barang dan jasa jasa yang dihasilkan suatu negara dalam waktu setahun dan dinilai menurut harga harga yang berlaku.
b) pendapatan yang dihitung dengan menggunakan harga dalam waktu tertentu sebagai tahun dasar yang kemudian dijadikan dasar penilaian untuk tahun tahun berikutnya.
c) nilai barang dan jasa yang dihitung berdasarkan harga yang dibayar pembeli.
d) nilai barang dan jasa dihitung berdasarkan seberapa besar biaya yang dikeluarkan faktor produksi dalam memproduksi barang dan jasa.
e) nilai barang dan jasa yang dihitung berdasarkan harga yang ditetapkan pemerintah.

Soal 6. Gaji, bunga dan upah serta laba. Merupakan komponen dalam menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan. [ a) produksi   b) pendapatan  c ) laba-rugi  d)pengeluran   e) laba maksimal ]

Soal 7. Dari pernyataan berikut ini. i) menilai tingkat keberhasilan kegiatan ekonomi. ii) meningkatkan minat investasi. iii) merumuskan kebijakan pemerintah. iv) meningkatkan produksi nasional.  v) memberi informasi mengenai struktur kegiatan ekonomi.  Dari pernyataan di atas yang termasuk manfaat perhitungan nasional.
a) i, ii dan iii.   b) ii, iii dan iv.    c) iii, iv dan v.   d) i, iii dan v      e) ii, iii dan v.

Soal 8. Turun naiknya pendapatan per kapita ditentukan oleh.  [ a) besarnya tabungan.  b) besarnya jumlah penduduk.  c) besarnya pendapatan perkapita  d) naik turunnya pengeluaran.  e) naik turunnya populasi dan GNP. ]

Soal 9. Inflasi yang disebabkan karena kenaikan ongkosproduksi disebut dengan [ a) cost push inflation.   b) demand pull inflation.   c) imported inflation    d) domestic inflation.  e) mixed inflation. ]

Soal 10. Kategori inflasi dinyatakan berat pada level . [ a) < 10%      b) 10-30 %   c) 30-50%   d) 30-100%   e) > 100%.

Soal 11. Ciri ciri terjadinya inflasi dapat dilihat dari indikator.  [ a) nilai uang naik    b) nilai uang turun.  c) tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat     d)harga stabil.  e) harga turun. ]

Soal 12. Salah satu cara untuk mengetahui laju inflasi disebuah negara adalah.
a) memperhatikan kebijakan moneter dan fiskal yang diambil pemerintah
b) melihat tingkat penjualan
c) melihat tingkat suku bunga
d) melihat jumlah peredaran uang
e) melihat indeks harga konsumen.

Soal 13. Yang termasuk kebijakan pemerintah dalam mengatasi inflasi  dari pernyataan berikut adalah. 1) menurunkan pajak  2) menaikkan suku bunga   3) menjual surat berharga   4) menambah pengeluaran  5) selektif dalam pemberian kredit.
[ a) 1,2,3     b) 1,4,5      c) 2,3,4       d) 2,3,5      e) 3,4,5]

Soal 14. i) masyarakat berperan sebagai debitur. ii) penabung dirumah.  iii) penghasilan masyarakat tetap.   iv) penghasilan masyarakat tinggi.   v) masyarakat sebagai kreditur. Dari pernyata i hingga v, yang merasa dirugikan dengan adanya inflasi adalah.
[ a) i, ii dan iii    b) i,ii dan iv      c)i, iii, v     d) ii, iii dan iv.   e) ii, iii dan v. ]

Soal 15. Demand pull inflation memaknai inflasi yang disebabkan oleh.  [ a) naiknya biaya produksi    b) peningkatan pengangguran.   c) permintaan masyarakat tinggi.   d) inflasi dari luar negeri.  e) naiknya harga BBM. ]

Soal 16. Perbedaan antara GNP dan GDP terletak pada .  [ a) tujuan produk    b)tujuan perhitungan.  c) pendekatan produksi.   d) pendekatan pengeluaran.   e) pendekatan perhitungan. ]

Soal 17. Perekonomian suatu negara dianggap maju. Dilihat karena Net factor Income to Domestic (pendapatan bersih dalam negeri). Artinya, hal ini berarti investasi negara ini lebih besar diluar negeri dibanding investasi luar negeri (negara lain ) di negara itu. Penyederhanaan dari kesimpulan di atas adalah.
a) GDP > GNI.     b) GDP > GNE    c) GDP = GNP.    d)GDP>GNP    e) GDP<GNP.

Soal 18. Menurut Irving Fisner, penyebab inflasi secara langsung adalah.
[ a) peredaran uang   b) biaya produksi   c) pengeluaran pemerintah  d) permintaan    e) inflasi luar negeri ]

Soal 19. Pada saat lebaran. Tingkat harga di Indonesia mengalami kenaikan. Ini dikategorikan sebagai. [ a) cost push inflation.   b) demand pull inflation.   c) imported inflation    d) domestic inflation.  e) mixed inflation. ]

Soal 20. Dalam menghitung produk domestic brutto. Akan dijumlahkan.
a) upah yang dibayarkan   b) biaya produksi    c)nilai akhir   d) nilai tambah   e) nilai ekspor.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

1 comment:

  1. Boleh minta jawabannya untuk di check?

    ReplyDelete