Soal dan Pembahasan Ekonomi SMA tentang Bank

   
Bank di Indonesia dibagi kepada dua jenis. Yaitu bank sentral dan bank umum. Bank sentral satu satu wewenang yang dipegang oleh bank Indonesia. Sementara untuk bank umum banyak sekali kita lihat, seperti bank BRI, bank Mandiri, bank BCA dan bank lainnya. Lebih lengkap bisa di baca di Materi Ekonomi kelas X Bank.
soal pg tentang bank

Pada posting ini sebenarnya akan diberikan soal soal ekonomi tentang bank. Soal ekonomi tentang bank bentuk Pilihan ganda atau disebut soal pg. Ada 10 soal pg ekonomi tentang bank beserta pembahasannya. Semoga bisa berguna dalam proses belajar mengajar.

Soal Pilihan Ganda tentang Bank


Soal 1. Aktivitas bank yang berhubungan dengan fungsi bank untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah.  [ a) bank melakukan transaksi pmbayaran transaksi internasional.   b) bank memberikan kredit dan investasi.  c)bank memberikan keuntungan bunga pada nasabah.  d)bank mengurangi inflasi karena  menghimpun dana dari masyarakat.   e) bank meningkatka tabungan masyarakat. ]

Soal 2. Perhatikan pernyataan di bawah ini. i) pengumpulan dana   ii) pembiayaan. iii) memfasilitasi pengiriman uang   iv) memberikan garansi bank. v) penggunaan cek.  Yang merupkan fungsi tambahan bank adalah.
[ a) i, ii dan iii      b) i, iii, v    c) i, ii,iv     d)ii, iii, iv       e) iii, iv dan v]

Soal 3. Yang bukan termasuk kategori bank swasta nasional adalah.  [ a) bank umum nasional   b) bank danamon   c) Lippo bank   d)BCA   e) bank Mandiri.]

Soal 4. Bank yang melakukan kegiatan usaha konvensional  Atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa lalu lintas pembayaran disebut.
[ a) bank sentral   b) bank operasional  c) bank syariah.  d) bank umum   e) bank Perkreditan rakyat.]

Soal 5. Prinsip utama dalam penggantian konsep bunga oleh bank syariah dalam konsep perbankan adalah.  [ a) bagi hasil    b) takaful   c) arisan.   d) zakat    e) wakaf.]

Soal 6. Yang bukan merupakan wewenang dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah :
a) menetapkan kebijakan operasional pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan.
b) mengawasi pelaksanaan tugas pengaawasan yang dilaksanakan oleh kepala Eksekutif.
c) melakukan tetapi tidak menetapkanpenunjukan pengelola statue.
d) memberikan perintah tertulis pada Lembaga Jasa Keuangan.
e) melakukan pengaawsan, pemeriksaan, investigasi, perlindungan konsumen dan tindakan lain pada lembaga keuangan.

Soal 7. Yang tidak termasuk peranan lembaga keuangan bukan bank adalah :
[ a) membantu dunia usaha.  b) meningkatkan citra perusahaan   c) meningkatkan produktivitas barang dan jasa.   d) memperlancar disribusi barang.   e) mendorong terbukanya lapangan kerja.]

Soal 8. Yang bukan kegiatan  usaha lembaga keuangan bukan bank adalah:
[ a) menghimpun dana   b) perantara dan pendukung dalam usaha dalam bentuk patungan.  c) perantara untuk mendapatkan tenaga ahli.   d) mengeluarkan kertas berharga    e) menyediakan jasa dan mempermudah transaksi kegiatan moneter. ]

Soal 9. Misi bank Indonesia sebagai lembaga negara yang indenpenden dalam pelaksanaan tugas dan wewenang bebas dari campur tangan pemerintah adalah :
a) mengawasi dan mengatur bank di Indonesia.
b) mengatur sistem pembayaran.
c) mencapai dan memeliharan kestabilan nilai rupiah.
d) menyatakan klirng antar bank.
e) mengatur kebijakan sistem perbankan.

Soal 10. Ditinjau dari segi keuntungan, perbedaan bank sentral dan bank umum adalah :
a) sebagai badan usaha. Tujuannya sama sama mencari keuntungan.
b) bank umum bertujuan mencari keuntungan sedangkan bank umum tidak.
c) bank umum mendapatkan keuntungan dari bunga, sementara bank sentral mendapatkan keuntungan dari percetakan uang.
d) bank umum dapat keuntungan dari masyarakat, bank sentral mendapat keuntungan dari bank umum.
e) kedua bank sama sama tidak mencari keuntungan.

Pembahasan Soal Pilihan Ganda tentang Bank

1. Uang dari simpanan nasabah yang ada di bank digunakan untuk kegiatan investasi dengan memberikan kredit pada pelaku kegiatan ekonomi dalam melakukan aktivitas produksi. Secara tidak langsung nasabah telah membantu bank untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui dana kredit. Dan nasabah akan diberikan bunga sebagai bentuk balas jasa. Jawaban : C

2. Fungsi utama bank adalah sebagai penghimpun dana, penyalur dana dan pelayanan jasa. Diluar tiga fungsi tersebut adalh fungsi tambahan bank. Jawaban : E.

3. Bank Swasta adalah bank yang didirikan swasta dan modalnya berasal dari pihak swasta. Yang bukan bank swasta adalah bank umum nasional. Jawaban A.

4. Kata kunci syariah, jawaban bank Syariah. Jawaban C.

5. Prinsip bank syariah. pembayaran berdasarkan prinsip bagi hasil atau mudharabah, pembayaran berdasarkan penyertaan modal atau musarakah, dan prinsip jual beli (murahabah). Pembiayaan modal berdasarkan prinsip sewa murni (ijarah) dan pemindahan kepemilikian barang yang disewa dari pihak bank oleh pihak lain (ijarah wa iqtina). Jawaban : A. Selengkapnya baca : Bank BPR, Bank Syariah dan Lembaga Keuangan Bukan Bank.

6. Tugas dan wewenang OJK adalah melakukan dan menetapkan penunjukan pengelolaan statue. Jawaban C.

7. Yang tidak termasuk dalam perananan lembaga keuangan bukan bank adalah meningkatkan citra perusahaan. Ini adalh tugas masing masing perusahaan secara intern. Jawaban B.

8. Semua yang berkaitan dengan moneter merupakan tugas bank sentral. Di Indonesia tugas ini dilakukan oleh bank Indonesia. Jawaban: E. Selengkapnya baca : Kebijakan Ekonomi, Kebijakan Fiskal dan Kebijakan Moneter.

9. Bank Indonesia memiliki misi dalam pemeliharaan stabilitas moneter dan stabilitas keuangan. Ini ditujukan agar pembangunan dalam jangka panjang bisa dilakukan secara berkesinambungan. Jawaban C.

10. Dalam UU no 3 tahun 2004 dikutip 'Bank sentral adalah lembaga negara yang memiliki tugas dan wewenang untuk mengeluarkan alat pembayaran yang sah dari suatu negara. Merumuskan dan melaksanankan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, menatur dan mengawasi bank dan menjalankan fungsi sebagai lendeer of the  last resort'
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

1 comment: