Contoh Soal dan Pembahasan Kerjasama Ekonomi Internasional

   
Di bawah ini terdapat soal dan pembahasan tentang kerjasama ekonomi internasional. Soal ini dikumpulkan dari beberapa bank soal, dan soal berikut merupakan soal soal yang sering dikeluarkan dalam ulangan. Semoga soal-soal ini akan membantu dalam mengevaluasi pengetahuan dan pemahaman tentang kerjasama ekonomi internasional.

Soal tentang Kerjasama Ekonomi Internasional

Soal 1. Secara umum tujuan kerjasama internasional adalah. [ a) menciptakan perdagangan dunia yang saling memberikan keuntungan. b) mencukupi kebutuhan dalam negeri.  c) perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi    d) melibatkan dua negara   e) kerjasama antar beberapa daerah yang memiliki kedekatan geografis ]

Soal 2. Salah satu faktor pendorong dan penyebab kerjasama ekonomi internasional adalah.  [ a) menciptakan perdagangan dunia yang saling memberikan keuntungan. b) mencukupi kebutuhan dalam negeri.  c) perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi    d) melibatkan dua negara   e) kerjasama antar beberapa daerah yang memiliki kedekatan geografis ]


Soal 3. Salah satu contoh kerja sama ekonomi internasional adalah APEC. Bentuk kerjasama ini adalah multilateral. Tujuan dari APEC adalah.
a) melakukan liberalisasi perdagangan dan investasi, meningkatkan pemberdayaan dan manfat sumberdaya alam dan sumber daya manusia untuk meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik.
b) untuk meningkatkan kerjasama eknomi, perdagangan, sosial dan budaya antar negara asia tenggara.
c) menyusun politik perdagangan bersama dan mendirikan daerah perdagangan bebas antara negara eropa barat.
d) menggalang kesatuan regional dalam meningkatkan posisi dan daya saing, serta memperkecil defisist perdagangan antar negara.
e) meningkatkan arus perdagangan internasional dalam sistem perdagangan bebas.

Soal 4. Organisasi negara pengekspor minyak dengan tujuan mengatur pemasaran minyak bumi adalah.  [ a) ASEAN   b) AFTA   c) APEC     d) OPEC       e) NAFTA.]

Soal 5. Bank Dunia yang didirikan pada tahun 1945, 22 Desember dan berkedudukan di Washington (USA) adalah ... [ a) IMF    b) EEC   c) IBRD     d) IDA      e) UNDP. ]

Pembahasan Kerjasama Ekonomi Internasional

1. Tujuan kerja sama internasional adalah menciptakan perdagangan dunia yang saling menguntungkan ; mempercepat pembangunan ekonomi dunia dan meningkatkan kualitas hidup bangsa bangsa di seluruh dunia. Jawaban A.

2. Faktor utama penyebab kerjasama ekonomi internasional adalah karena adanya perbedaan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Selain itu perbedaan tingkat kemampuan teknologi dan ilmu pengetahuan juga menjadi alasan utama kerja sama ekonomi internasional. Jawaban C.

3. APEC adalah kerjasama ekonomi internasional antar negara kawasan Asia Pasifik, Anggota APEC ada 18 negara. APEC dibentuk oleh  Perdana menteri Jepang dan perdana menteri Australia pada tahun 1989.  Tujuan pokok APEC didirikan adalah untuk melakukan liberalisasi perdagangan dan investasi; peningkatan manfaat SDA dan SDM dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian di negara-negara kawasan ASIA PASIFIK. Jawaban A.

4. OPEC adalah organisai negara pengekspor minyak di dunia. OPEC berdiri pada tahun 1960 dan fungsi organisasi ini adalah mengatur pemasaran minyak dan menetapkan harga minya dunia. Anggota OPEC antara lain, Irak Iran, Indonesia, Venezuela, Qatar, Uni Emirat Arab, Lybia, Nigeria. Jawaban D.

5. Bank Dunia yang didirikan pada tanggal 22 Desember 1945 ada di Washington DC adalah IBRD. Indonesia menjadi anggota bank dunia sejak tahun 1954. Tujuan bank ini adalah memberikan pinjaman pada negara berkembang dengan bunga rendah. Jawaban C.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

1 comment: