Peran Manajemen Sebagai Ilmu

   
Ilmu pengetahuan bisa didefenisikan tentang bagaimana mengumpulkan pengetahuan dan di buat menadi sistematis. Kemudian hal tersebut harus terhubung dengan kebenaran yang bersifat subjektif, objektif. Bisa dikatakan menjadi sebuah pengetahuan pabila telah terbebas dari praduga dan hal yang bersifat abu-abu.

Untuk menemukan sebuah pengetahuan yang baru akan digunakan alat. Dalam Manajemen, metode untuk memperoleh pengetahuan baru digunakan metode ilmiah. Metode ilmiah adalah pendekatan yang berdasarka eksperimen yang dikndalikan. Semua perlakuan digariskan dalam tatanan yang jelas dan untuk mencapai pengetahuan baru maka seseorang harus mengikuti urutan yang benar, dengan kata lain dilakukan dengan sistematis. Secara umum bisa digariskan dalam tahap – praduga (hipotesis) – pengujian – kesimpulan. Pengujian bisa dilakukan dengan generalisasi, klasifikasi, melakukan observasi atau melakukn eksperimen.

Manajemen secara ilmiah (scientific-management) artinya adalah manajemn yang menggunakan ilu pengetahuan dan pengetahuan sebelumnya. Sebagai contoh, jika seorang manajer mempergunakan pengetahuan dan metoda ilmiah dalam perencanaan, pengorganisasian, tindakan dan mengontrol (prinsip POAC). Manajer tersebut sudah bisa disebut bertindak dalam koridor manajemen ilmiah.

Manajemen Ilmiah tergolong dalam manajemen modern. Ini dikarenakan sifatnya tidak hanya menggunakan yang ada tetapi juga selalu berusaha untuk mencari hal/cara yang lebih efektif dan efisien. Manejemen modern disebut sebagai sebuah pengunaan cara yang menitik beratkan pada inovasi, kreativitas untuk menciptakan peluang yang baru.

Pelopor konsep manajemen Ilmiah diperkenalkan oleh Frederick W. Taylor. Dalam hal ini beliau banyak melakukan observasi ilmiah dan memberikan pengetahuan pada bagaimana menggunakan prinsip ilmiah pengetahuan dalam bidang manajemen. Penelitian yang dilakukan meliputi bagaimana penggunaan mesin, perkakas, alat dan bahan yang efektif untuk melakukan produksi, tentu dengan tujuan harus mendapatkan hasil yang maksimum.

Bagaimana cara, tentu ini merupaka bahagian dari manajemen. Ingat kembali pengertian manajemen secara umum, dimana dijelaskan segala upaya dan cara yang dilakukan dalam mencapai tujuan. Untuk lebih jelas baca kembali tentang : Defenisi dan Tingkatan Manajemen.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment