Materi SMA: Defenisi dan Tingkatan Manajemen

   

Pengertian Manajemen sendiri secara umum adalah manage atau mengatur. Istilah suatu manajemen mengandung tiga pengertian. Manajemen sebagai suatu proses. Manajemen sebagai suatu kolektifitas orang-orang melakukan aktifitas manajemen. Manajemen sebagai suatu seni dan sabagai suatu ilmu.

Berbagai definisi manajemen menurut ahli : George R.Terry, dalam bukunya, The Principles Of Management, mengatakan bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya melalui usaha orang-orang lain. Harold Konntz dan Cyril O’Donnel, dalam bukunya, The Principles Of Managements, mengatakan bahwa manajemen adalah cara mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.

Prof.Dr.A.Sanusi, SH dalam bukunya, Seminar Pendidikan Management, IKIP Bandung, menyebutkan bahwa manajemen adalah suatu sistem tingkah laku manusia yang kooperatif, yang dipimpin secara teratur melalui usaha yang terus menerus dan merupaka tindakan rasional. John D.Millet, dalam bukunya management In the Public Service, mengemukakan bahwa manajemen adalah proses pengerahan dan pemberian fasilitas/pekerjaan kepada orang-orang yang diorganisasikan di dalam organisasi-organisasi formal, guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Tingkatan Manajemen

Dalam manajemen dikenal istilah tingkatan tingkatan manajemen. Tingkatan tersebut berdasarkan manager atau yang melakukan fungsi manajemen. Adapun klasifikasi tingkatan manajemen tersebut sebagai berikut.

Manajemen Puncak, adalah jenjang manajemen tertinggi, atau sering jugadisebut manajemen senior. Jenjang puncak biasanya terdiri dari dewan direktur. Manajemen Menengah, Manajemen menengah terdiri dari para pimpinan pabrik atau kepala divisi. Tugas utama manajemen menengah adalah mengembangkan rencana-rencana operasi dan menjalankan keputusan atau rencana-rencana yang ditetapkan oleh manajemen puncak.

Manajemen Pelaksana, Manajemen pelaksana adalah manajemen tingkat paling bawah. Tugas utamanya untuk menjalankan keputusan-keputusan atau rencana-rencana yang dibuat oleh manajemen menengah.

Fungsi yang akan dijalankan jika sebagai pelaku manajemen yang pertama adalah Perencanaan (Planning), adalah fungsi yang berhubungan dengan pembuatan keputusan mengenai apa yang akan dikerjakan, apa tujuan perusahaan, dan apa strategi dan alternatif tindakan.

Pengorganisasian (Organizing), Pengorganisasian adalah pembagian tugas yang akan dikerjakan dan pengembangan struktur organisasi atau struktur perusahaan yang sesuai agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Pengarahan (Directing), Pengarahan adalah fungsi manajemen yang bertujuan untuk memotivasi dan membimbing karyawan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Pengedalian (Controling), Pengendalian adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan prosedur pengukuran hasil kerja terhadap tujuan perusahaan.

Terakhir ada beberapa bagian dari manajemen. Bidang ini tergantung bidang penempatan dan ugas kerjanya. Di antara ada Manajemen Personalia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi, Manajemen Keuangan.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait