Pertimbangan dan Analisis dalam Memilih Saham

   
Keuntungan dan kerugian adalah hal yang lazim dalam investasi penanaman modal dalam bentuk saham. Adapun sumber keuntungan jika memiliki saham sebagai berikut,

  1. Deviden atau laba dari unit saham yang dimiliki dari pengelolaan perusahaan
  2. Capital Gain, artinya laba dari selisih saham ketika dibeli dan dilakukan penjualan lagi.
  3. Hak Suara, biasa pemilik saham akan memperoleh hak dalam rapat umum pemegang saham
Tidak selamanya berinvestasid dalam bentuk saham akan menguntungkan. Adakalanya akan menjadi sebuah kerugian jika tidak bisa melakukan analisis analisis tertentu. Sebab, harga saham bisa saja sewaktu waktu menurun tajam.

Untuk melakukan analisis yang tepat, maka dalam penilaian prospek akan harga saham di masa mendatang dibutuhkan beberapa analisis, Analisis tersebut :

Analisis Fundamental


Analisis Fundamental adalah sebuah strategi pengidentifikasian saham yang melihat kinerja keuangan perusahaan tersebut. Dalam bahasa yang lebih sederhana, ketika membeli saham akan diperhatikan, apakah keuangan dan kinerja perusahaan tersebut baik atau tidak.

Pabila kinerja perusahaan tersebut baik, barang jelas ini memiliki prospek keuntungan yang bagus ke depannya. Investor yang melakukan analisis ini akan mencari informasi tentang bagaimana perusahaan berjalan, prospek return.

Sebagai pembanding, investor akan melakukan perbandingan keuangan dan kinerja pada saham saham perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama. Metode yang sering digunakan dalam analisis saham ini diantaranya: Price Earning Ratio, Earning Per share, Per book Value dan Book Value.

Analisis Teknikal

Pengertian analisis teknikal ini adalah strategi identifikasi prospek saham oleh investor berdasarkan prediksi pergerakan harga saham dan memprediksi kecendrungan pasar di masa mendatang.
contoh analisis teknikal
Contoh Analisis Teknikal, Gambar dari http://doktermarket.com
Analisis teknikal ini biasanya dilakukan setelah selesai melakukan analisis fundamental. Dasar dalam analisis teknikal ini adalah mereferensikan apa yang terjadi di pasar dan apa yang seharusnya terjadi di pasar.

Jika pada analisis fundamental, menitik beratkan apa yang sedang terjadi dan bagaimana kondisi perusahaan itu sekarang. Maka analisis teknikal lebih kepada bagaimana tren pasar. Apakah tren akan meningkat atau malah menurun ke depannya.

Untuk melakukan analisis teknikal biasanya investor akan menggunakan beberapa instrumen analisis. Misalnya MACD (Moving Average Convergence Divergence), Stochastic Oscillator dan Trendlines serta masih banyak tools untuk analisis teknikal lainnya.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment