Tujuan Pembangunan Ekonomi di Indonesia

   
Pembangunan ekonomi ditujukan untuk melakukan percepatan dalam pemulihan ekonomi serta mewujudkan sebuah dasar pembangunan yang kuat untuk pembangunan ekonomi berikutnya secara berkesinambungan. Program dalam pembangunan ekonomi  di-klasifikasikan dalam tujuh bagian prgeam percepatan pembangunan ekonomi berkesinambungan.Dalam jangka pendek program diprioritaskan untuk memberantas kemiskinan dan mengurangi pengangguran. Sementara dalam jangka menengah dan panjang ditujukan untuk memberikan pondasi kokok dalam pembangunan ekonomi.

Menanggulangi Kemiskinan

Dalam pembangunan ekonomi salah satu kelompok sasar utama adalah masyarakat miskin. Kemiskinan akn ditanggulangi dengan berbagai upaya.

Pertama dari segi keamanan dan ketertiban. Keamanan dan ketertiban diciptakan agar bisa memberikan iklim yang nyaman untuk berusaha pagi pelaku usaha kecil. Selanjutnya juga di upayakan pengendalian pertumbuhan penduduk.

Pembangnan ekonomi diharapkan mampu menjangkau semua penduduk miskin. Salah satu bntuk upayanya adalah dalam memberikan jaminan sosial, peningkatan layanan kesehatan serta membentuk sistem pendidikan terpadu.

Dari sektor usaha juga dikembangkan sistem permodalan yang memudahkan usah kecil untuk mendapatkan modal melalui program kredit modal usaha. Pembangunan selanjutnya difokuskan pada sektor pertanian berbasis desa yang tertinggal.

Mengembangkan Sistem Ekonomi Kerakyatan

Ekonomi kerakyatan, istilah dimana ekonomi lebih mementingkan akan kepentingan rakyat. Hal ini akan terjadi jika terpenuhi beberapa kriteria dan kewajiban. Sebut saja dengan menciptakan iklim usaha yanh sehat, meningkatkan kualitas sumber daya manusia.


Tak terlupa untuk memberdayakan masyarakat dalam bentuk pendidikan dan pelatihan. Dengan demikian akan terbentuk stabilitas ekonomi nasional yang juga akan berpengaruh pada stabilitasi politik misalnya.Sehingga terbentuk organisasi pemerintahan yang berkualitas dan mampu meratakan pembangunan di setiap daerah.

Tujuan Pembangunan Nasional Indonesia

Secara umum tujuan pebangunan nasional adalah untuk meningkatkan taraf hidup, indeks kesejahteraan rakyat. Hal ini telah digambarkan dalam trilogi pembangunan yaitu pemerataan, pertumbuhan ekonmi dan stabilitas nasional.

Keterkaitan dengan UUD 1945, ini tergambar pada alinea ke-empat yang berbunyi :
melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
Pembangunan nasional juga tidak mengedepankan pembangunan ekonomi secara sendiri saja. PEmbangunan secara keseluruhan juga akan membawa semua aspek spritual, aspek politik dan hubungan luar  negeri, aspek kehidupan bernegara, aspek lingkungan hidup. Karena dengan kemajuan yang diperoleh dari semua aspek dalam pembangunan tersebut maka akan tercipta manusia manusia Indonesia yang berkualitas.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment