Biografi Singkat Adam Smith dan JM Keynes

   
Salah satu periode perkembangan ilmu ekonomi adalah pada abad ke 18. Masa tersebut dimana mulai dipikirkan permasalahan ekonomi dan perumusan masalah yang sistematis. Sebelumnya pada abad ke 16 dan ke 17 sebenarnya telah dipikirkan juga masalah masalah ekonomi. Namun belum dibuat dalam bentuk yang sistematis. 

Ide penyusunan masalah ekonomi secara sistematis ini berawal dari efek terjadinya revolusi industri. Pada saat itu lahirlah beberapa tokoh yang memperkenal sistematika ilmu ekonomi ini. Mereka dijuluki sebagai aliran ekonomi klasik. Tokohnya antara lain, Adam Smith, David Ricardo, JB Say dan JM Keynes. Untuk mengenal mereka lebih jauh berikut biografi singkat tokoh ekonomi klasik tersebut.
Tokoh Ekonomi

Ringkasan Biografi Adam Smith

Adam Smith terlahir pada tahun 1723 di Skotlandia, lebih detailnya di kota Kirkaldy. Tahun tersebut merupakan awal gejolak revolusi industri. Adam Smith merupakan lulusan filsafat dari Oxford University. Karirnya dilanjutkan dengan menjadi pengajar filsafat moral di Glasgow.

Pada masa karirnya, Smith pernah memperoleh kesempatan untuk melakukan study banding ke Prancis.Di sana dia bertemu dengan Turgot dan Quesnay. Dari hasil bertukar pikiran dengan dua orang tersebut akhirnya lahir buku The Wealth of Nations. Buku tersebut berisi tentang teori umum mengenai kegiatan ekonomi.

Permasalahan yang dipaparkan pada buku tersebut meliputi ; apa saja faktor yang mempengaruhi kemakmuran suatu bangsa kemudia bagaimana cara meningkatkan taraf hidup rakyat. Pada karya-nya, Adam Smith mulai menetapkan dasar ilmu ekonomi dalam bentuk ilmiah. Dimulai dari mencari pokok permasalahan, pengertian basic dan kerangka berpikir. Pengembangan dari dasar dasar yang ditetapkan Adam Smith ini yang sekarang menjadi teori ekonomi modern.

Salah satu pembahasan Adam Smith yang terkenal hingga sekarang adalah tentang “ invisibleh hand’ (tangan semu) dimana dijelaskan harga di pasar-bebas akan menentukan keseluruhan kegiatan ekonomi masyarakat. Ini bisa ditemukan dalam hampir semua buku bertema ekonomi. Terakhir, atas jasa beliau dalam meletakkan dasar ilmiah dan keilmuan pada bidang ekonomi, beliau diberi kehormatan dengan julukan Bapak Ekonomi.<

Rangkuman Biografi JM Keynes

Bernama lengkap John Maynard Keynes, dia dilahirkan pada tahun 1883 di Cambridge. Sebuah ‘kota’pendidikan yang masih dikenal hingga sekarang .Berlatar belakang memang dari kalangan terdidik, Ayah Keynes dikenal sebagai seorang dosen di Cambridge dan Ibu-nya juga seorang lulusan Cambridge.

Pada awalnya Keynes mendalami matematika dan filsafat. Namun untuk bisa bekerja di sistem pemerintahan dia kemudian mendalami ilmu ekonomi pada A Marshall. Keynes dikenal sebagai seorang yang memiliki banyak potensi. Dia dikenal sebagai pegawai administrasi, ilmuwan, penulis, pengusaha hingga politikus. Salah satu prestasi diluar ilmu ekonomi dari Keynes adalah dia menjadi anggota grup penulis dan seni. Karena jasa beliau, Keynes diberi gelar kehormatan Lord.

Dibidang ekonomi, sebuah karya fenomenal beliau adalah The General Theory yang diterbitkan pada tahun 1936. Buku tersebut hadir ketika kemerosotan ekonomi terjadi secara global. Pada buku tersebut Keynes bisa menjelaskan bagaimana bisa terjadi depresi, padahal telah ditetapkan sistem ekonomi bebas. Tidak sampai di sana, Keynes juga bisa memberikan solusi dan tips untuk menghindari depresi ekonomi lagi.

Pada karya Keynes juga membahas tentang tabungan dan investasi, lapangan kerja, peran uang dan tingkat suku bunga. Keynes menyampaikan bahwasanya memang dibutuhkan peran pemerintah dalam menjaga kestabilan ekonomi nasional. Hal inilah yang menjadi dasar dasar ekonomi makro. Ekonomi makri yaitu proses berpikir dengan analisa kegiatan ekonomi dari semua faktor yan memperngaruhi tingkat aktivitas ekonomi nasional.

Membahas ‘depresi ekonomi’ yang terjadi, pada masa tersebut semua produksi berjalan tidak lancar, banyak pabrik yang terpaksa menghentikan kegiatan produksi. Selain mendatangkan masalah sulitnya memenuhi kebutuhan, juga menciptakan masalah pengangguran pada masa itu. Para penganut aliran ekonomi klasik memberikan saran dan masukan untuk mengatasi masalah tersebut, namun yang terjadi keadaan makin bertambah parah.

Dari sinilah muncul teori ekonomi makro yang diperkenalkan oleh Keynes.Keynes, pada akhirnya dengan peran beliau tersebut yang mampu menjawab masalah yang terjadi. Beliau dijuluki Bapak Ekonomi Makro. Bahkan hingga sekarang pokok pikiran Keynes masih dikembangkan oleh para Neo Keynesian. Terkait : Sejarah dan Perkembangan Ilmu Ekonomi.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment