Contoh RPP Bahasa Inggris Ungkapan memberikan perhatian (Care)

   
Satuan Pendidikan      : SMA XXXXX
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas / Semester          : X / I
Materi                          : Ungkapan memberikan perhatian (care)
Waktu                         : 4 x 45 menit

 


A.  KOMPETENSI INTI

1.      Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, tanggung jawab, peduli (gotong royong,kerjasama,toleran,damai), santun, responsive, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan factual,konseptual,procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan humoniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah ,menalar,dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari B. Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1Menunjukkan perilaku santun dan peduli melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.3  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.1 Mengidentifikasi ungkapan memberikan perhatian (care)
3.3.2  Menentukan fungsi social ungkapan memberikan perhatian (care)
3.3.3  Meggunakan struktur teks ungkapan memberikan perhatian (care) yang lengkap dan runtut.
3.3.4  Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan memberikan perhatian (care)

4. 3  Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3.1 Menyusun teks tulisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberikan perhatian (care) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
4.3.2        Mendemonstrasikan teks lisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberikan perhatian (care) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan siswa dapat:
1.      Menunukkan rasa syukur dengan prilaku santun, dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.      Mengidentifikasi ungkapan memberikan perhatian
3.      Menentukan fungsi social ungkapan memberikan perhatian ( care)
4.      Menggunakan struktur teks ungkapan memberikan perhatian (care)
5.      Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan memberikan perhatian.
6.      Menyusun teks tulisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberikan perhatian (care)
7.      Mendemonstrasikan teks lisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberikan perhatian (care)

D.  MATERI PEMBELAJARAN

Ø FAKTA:

1.   Ungkapan-ungkapan memberikan perhatian (care)
2.   Video/film/dialog  tentang ungkapan memberikan perhatian (care)

Ø KONSEP:
  1. Ciri memberikan perhatian (care)
  2. Struktur ungkapan memberikan perhatian (care)



Ø PRINSIP:
1.      Fungsi social memberikan perhatian (care)
Menjalin hubungan dengan guru,teman, dan orang lain.
2.      Unsur kebahasaan memberikan perhatian (care)
·   Kata terkait dengan kata sifat,
·   Kata Kerja dalam Simple Present Tense, present continous, past tense.
·   Kata Tanya: What
·   Ucapan, tekanan,intonasi,ejaan,tulisan tangan yang rapi
·   Rujukan Kata
3.      Topik
Keteladanan tentang perilaku terbuka,menghargai perbedaan, perdamain.

Ø PROSEDUR:
1.      Mengamati
2.      Menanya
3.      Mengeksplorasi
4.      Mengasosiasi
5.      mengomunikasikan

E.   METODE PEMBELAJARAN

·  Inquiry
· Dicovery learning

F.   SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber :
·      Kurikulum 2013
·      Buku Look Ahead 1 (Th. M. Sudarwati & Eudia Grace), Erlangga
·      BSE kelas X
·      Worksheet Book

2. Media :
·      Video
·      Lap Top dan LCD

G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan : 1
    
KEGIATAN
DESKRIPSI
ALOKASI
 WAKTU
1.   Pendahuluan
·     Greeting, memeriksa kesiapan siswa untuk belajar
·      Melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan / komentar kepada siswa.
·     Melalui tayangan LCD, guru menjelaskan dengan singkat tujuan pembelajaran/indikator yang akan dicapai.
·     Melalui tayangan LCD, guru menyampaikan cakupan materi dan menjelaskan langkah-langkah kegiatan.

10 menit
2.Kegiatan Inti
Mengamati
·     Siswa menirukan pengucapan  memberikan perhatian dari percakan yang diberikan.
·     Siswa menuliskan ungkapan memberikan perhatian  dari percakapan yang diberikan.

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan dari guru, setelah mendengarkan/membaca ungkapan memberikan perhatian:
·     Siswa memperhatikan fungsi social, struktur, maupun format penyampaian/penulisannya.
·     Siswa mencoba menentukan antara lain, perbedaan antara berbagai ungkapan memberikan perhatian  dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
·     Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang berisikan ungkapan memberikan perhatian

Mengeksplorasi
·     Siswa mencari berbagai teks berisikan ungkapan memberikan perhatian dari berbagai sumber.
·     Siswa berlatih memberikan perhatian dengan teman melalui simulasi.
·     Siswa berlatih memberikan perhatian melalui tulisan

Mengasosiasi
·     Siswa menganalisis ungkapan memberikan perhatian (care) dengan mengelompokkan berdasarkan penggunaan
·     Secara berkelompok mendiskusikan ungkapan memaparkan jati diri (care) yang mereka temukan dari sumber lain dan membandingkannya dengan yang digunakan guru.
·     Siswa memperoleh balikan dari guru dan teman tentang fungsi social, dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.

Mengomunikasikan

·     Siswa mendemonstrasikan penggunaan memberikan perhatian  secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi social, ungkapan, unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
·     Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memberikan perhatian dalam jurnal belajar (learning Jurnal).
70 menit
3.Kegiatan Penutup
·     Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkankan tentang materi yang telah dipelajari
·     Guru memberikan PR
·     Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
·     Guru menutup pertemuan dengan doa dan salam.

10 menit
Pertemuan :2

H.  EVALUASI / PENILAIAN

A   Jenis Penilaian:
1.   Penilaian Cognitive
2.   Penilaian Afektif
3.   Penilaian Psikomotor
B    Bentuk Istrumen
1.   Tes Tertulis
2.   Obervasi
3.   Performance
C    Pedoman Penskoran
 Penilaian Sikap (Affective)
No
Nama Siswa
Kriteria
Total Score


1
2
3
4
5










Keterangan :
      1.  Disiplin dan Jujur
      2.  Percaya diri
      3.  Tanggung Jawab
      4.  Kerjasama
      5.  Sopan Santun

Rentang skor: 50-100
Predikat:
o   Amat baik       : A (86 – 100)
o   Baik                : B (76 - 85)
o   Cukup             : C (60 - 75)
o   Kurang            : D (≤ 59)

Penilaian Psikomotor (Keterampilan)
No
Nama Siswa
Criteria
Total Score


1
2
3
4

1






2







Keterangan:
1.      Pronounciation
2.      Fungsi social
3.      Unsur Kebahasaan
4.      Struktur Kebahasaan

Rentangan Score: 50-100

I.     FOLLOW UP PROGRAM
1. Test
2. Remedial
3. Pengayaan ( Enrichment )

4. Latihan – latihan
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment