Contoh RPP Geografi K13 Teori Lempeng Tektonik

   
1. IDENTITAS MATA PELAJARAN

a. Satuan Pendidikan : SMA XXX
b. Mata Pelajaran : GEOGRAFI
c. Kelas : X ( Sepuluh )
d. Semester : 1 Satu )
e. Program : Umum
f. Pokok bahasan : Teori lempeng tektonik
g. Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan ( pertemuan ke dua )

2. STANDAR KOMPETENSI
Memahami sejarah pembentukan bumi
3. KOMPETENSI DASAR
Mendiskripsikan tata surya dan jagat raya.
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
Menyimpulkan daerah-daerah yang berpotensi terjadi  gempa bumi dan tsunami

5. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran siswa dapat menguasai kopetensi sebagai berikut :

Mampu menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
Menyimpulkan daerah-daerah yang berpotensi terjadi  gempa bumi dan tsunami

6. MATERI AJAR

Pada mulanya, bumi terdiri atas satu daratan yang disebut Pangea, kemudian mengalami perkembangan hingga menjadi benua-benua seperti sekarang ini.

Diseluruh permukaan bumi terdiri atas lempeng-lempeng yang selalu bergerak dengan kecepatan masing-masing 

Gerak lempeng tektonik dibadakan atas 2 macam :
Gerak divergen 
Gerak konvergen

Sedikitnya ada 16 lempeng, seperti pada peta dibawah ini.
Tumbukan antar lempeng, dapat mengakibatkan terjadinya gunung api. Dan akibat dari pergerakan lempeng tersebut, terjadilah getaran yang hebat yang disebut gempa bumi. 


7. ALOKASI WAKTU
1 x pertemuan ( 45 menit )


8. METODE PEMBELAJARAN
.Problem Based Learning meliputi
               1. Tanya Jawab
   2. Diskusi
   3. Penugasan yang disimulasikan.
       . Examples Non Examples
               Dalam penjelasan guru mengambil beberapa contoh fenomena kehidupan yang relevan dengan kompetensi dasar yang ditampilkan lalu dibahas dan didiskusikan

9. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Sekenario Pembelajran
Dalam pengusaan kompetensi dilakukan tiga tahapan kegiatan pembelajaran :
1. Penjelasan Konsep substansi materi melalui Tatap Muka (35 menit)
2. Menyelesaikan Tugas Struktural (10 menit)
3. Menyelesaikan Tugas Mandiri non struktural (60% x 90 menit)
Tatap Muka ( 65 menit)
No
Kegiatan Proses Pembelajarana
Waktu
1
Kegiatan Awal / Pendahuluan :
Guru Melakukan apresiasi : Berdo’a bersama dipimpin oleh ketua kelas/yang mewakili

10 menit
Pendataan siswa untuk mengecek kehadiran dan pengecekan pemasangan laptop, LCD proyektor dan koneksi jaringan internet.
Pretest: Dengan menggunakan alat peraga globe ( tiruan bola bumi ), guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang fenomena geografi berupa benua-benua dan samudera yang terbentang di permukaan bumi, kemudian siswa menanggapi pertanyaan dari guru. Secara tidak langsung siswa sudah siap untuk menerima materi pembelajaran  yang akan disampaikan guru.
Guru kemudian menyampaikan kompetensi-kompetensi  yang akan dicapai,yang harus dikusai setelah selesai pembelajaran materi tersebut.

2
Kegiatan inti :
Sekenario Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode “Problem Based Learning dan Examples Non- Examples”


25 menit
Langkah pertama:
a.      Siswa dikelompokan, setiap kelopok 2 siswa
b.      Tugas setiap kelompok memberikan tanggapan,argumentasi dan pendapat,serta menunjuk salah seorang pembicara dari kelompok masing-masing.
Langkah kedua :
a.       Guru menampilkan materi melalui LCD tentang “Teori lempeng tektonik kaitannya dengan persebaran gunung api ”.Agar anak dapat memahami substansi materi secara keseluruhan, guru kembali melakukan Tanya jawab tentang fenomena alam pada globe.
b.      Melalui Tanya jawab dan tayangan LCD guru memberi penjelasan   tentang perkembangan bumi dari satu daratan hingga terbentuk benua-benua seperti sekarang ini.
c.       Tayangan tampilan contoh fenomena sesuai urutan substansi materi
·         Gerakan lempeng tektonik (divergen dan konvergen), penyebab terjadinya gerakan lempeng dan kaitannya dengan pembentukan gunung api.
·         Daerah-daerah persebaran gunung api serta daerah-daerah yang berpotensi terjadi  gempa bumi dan tsunami
d.      Setiap tampilan contoh fenomena, guru memberikan penjelasan, dan setiap kelompok diberikan kesempatan mengamati dan memberikan tanggapan.
e.       Pada akhir kegiatan inti, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami.


3
Penutup tatap muka

10 menit
  • Guru memberikan Tugas Terstruktur yang mengacu pada pencapaian indikator, yang dikerjakan secara kelompok, dan tugas  tersebut menjadi sebuah penilaian .
  • Tugas Mandiri Tidak Terstruktur (TMTT) sebagai pekerjaan rumah secara perorangan dan dikumpulkan 1 minggu kemudian.
 10. PENILAIAN HASIL BELAJAR

Kisi-Kisi Penilaian

   
No
Kompetensi Dasar / Indikator
Bahan Kelas / semester

Materi

Indikator Soal
Bentuk Tes
No. Soal

1

Mendiskripsikan tata surya dan jagat raya..
·         Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
·         Menyimpulkan daerah-daerah yang berpotensi terjadi  gempa bumi dan tsunami


X/ 1

Teori lempeng tektonik kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi

·         Siswa mampu menjelaskan factor yang menyebabkan terjadinya gerakan lempeng.
·         Siswa mampu menyebutkan nama-nama lempeng di permukaan bumi.
·         Siswa mampu menunjukkan arah pergerakan lempeng litosfer.
·         Siswa mampu mendiskripsikan terjadinya pegunungan Himalya.
·         Siswa dapat menunjukkan pada peta daerah-daerah yang rawa gempa dan berpotensi tsunami.


Essay

1




2





3




4





5



INSTRUMEN TES

   Satuan Pendidikan       : SMAN 47 JAKARTA                      Alokasi Waktu : 10 menit + 30 menit
   Mata Pelajaran              : Geografi                                            Jumlah  soal     :  4 Essay + 1 TMTT
   Kurikulum                    : KTSP                                                            Penulis             :  Dra Pudyastuti
Indikator soal
Nomor Soal
Butir Soal

Siswa mampu menjelaskan faktor yang menyebabkan terjadinya gerakan lempeng.

1

Faktor apakah yang menyebakan terjadinya gerakan lempeng litosfer , beri penjelasan !

Siswa mampu menyebutkan nama-nama lempeng di permukaan bumi

2

Tuliskan nama-nama lempeng yang diberi nomor !


Siswa mampu menunjukkan arah pergerakan lempeng litosfer

3

Tentukan arah gerakan lempeng di samudera Pasifik dan Hindia dengan membubuhkan tanda panah pada peta dibawah ini.



Siswa mampu mendiskripsikan terjadinya pegunungan Himalya.


4

Jelaskan terjadinya pegunungan Himalaya !

Siswa dapat menunjukkan pada peta daerah-daerah yang rawa gempa dan berpotensi tsunami.


5

Buat peta dunia pada kertas ukuran A3, arsir daerah-daerah yang rawan gempa dan berpotersi tsunami.


INSTRUMEN PENILAIAN

   
No
Kunci Jawaban
Skor Max
Pedoman Penskoran
1



Terjadinya gerakan lempeng disebabkan oleh karena panas yang  berasal dari panas yang sangat hebat dalam inti bumi. Panas ini menyebabkan batuan yang ada dalam lapisan mantel mencair menjadi magma. Ketika magma panas mengembang ,magma naik dan mendorong lempeng menjauh dari lempeng lain. Dan ketika magma menjadi dingin magma mengerut dan menyebabkan lempeng mendekat dengan lempeng lain.


8
    
        













            SP
   NP = -----
            JSM

Jumlah Skor Maksimum ( JSM )
8

2








3

.




4







4



Jumlah skor maksimum (JSM)
8

4

Pegunungan Himalaya terjadi karena adanya tumbukan lempeng, yaitu lempeng India dengan lempeng Erasia. Lempeng India tersubduksi dibawah lempeng Erasia, sehingga mengakibatkan magma naik,   dan akhirnya terbentuklah pegunungan Himalaya.



8

Jumlah Skor Maksimum ( JMS )
8

5
 Daerah –daerah rawan gempa bumi.( yang berwarna merah )









8








TMTT


Penilaian Afektif Pada saat Jam Tatap muka

      Penilaian pengamatan yang di lakukan guru pada saat jam tatap muka untuk
      mengetahui sikap siswa terhadap kompetensi dasar yang di ajarakan.
      Penilaian untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai hidrosfer.
       Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok

Hari/Tanggal               :
Topik diskusi/debat     :
Nama Siswa                : .

Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kerja sama dalam kelompok




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

11. SUMBER BELAJAR

·         Buku pegangan siswa : buku geografi kelas X , Drs.Totok Gunawan MA, buku-buku yang relevan dan dari Internet.

·         Buku pegangan guru :

1.    DR.J.A Katili dan DR.P. Marks (1963), Geologi, Depertemen Urusan Research Nasional  Jakarta.
                  2.   Nursid Sumaatmadja,     (1998) Studi Geografi,     Bandung, Alumni.
                  3.   Buku-buku yang relevan.

dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment