Contoh RPP Sejarah: Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang Dunia II

   
SMA : SMA XXX
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi: 3.  Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang
      Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir
Kompetensi Dasar : 3.1. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia dan Posisi
         Indonesia di Tengah Perubahan Politik, dan Ekonomi
        Internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan
       berakhirnya Perang Dingin
Indikator :            
Menjelaskan pengertian nasionalisasi dan dekolonisasi
Mendeskripsikan nasionalisasime Cina, Filipina, Mesir, Libya, India dan Birma
Menganasisis sebab keberhasilan Mao Zedong mengkomuniskan Cina
Menganalisis sebab keberhasilan ajaran Swadesi Mahatma Gandhi menentang Inggris di India
Menganalisis sebab pecahnya India dan munculnya Negara Pakistan

Alokasi Waktu : 3x45 menit ( 1x pert  )

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu untuk:
Menjelaskan pengertian nasionalisasi dan dekolonisasi
Mendeskripsikan nasionalisasime  Cina, Filipina, Mesir, Libya, India dan Birma
Nilai Karakter Bangsa  :
Rasa ingin tahu, , cinta tanah air,dan gemar membaca.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   :
Percaya diri ( optimis). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin), Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).

B. Materi Pembelajaran

Pengertian nasionalisasi dan dekolonisasi
Nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika (Cina, Filipina, Mesir, Libya, India dan Birma)

C. Metode Pembelajaran
Diskusi model Jigsaw

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Salam pembuka,
Do’a pembuka  pelajaran
Absensi
Apersepsi guru menayangkan foto Mahatma Gandhi, kemudian bertanya pada siswa apa yang anda ketahui tentang tokoh ini
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
Guru membagi peserta didik dalam tujuh kelompok dan materi dibagi dalam tujuh bagian, yaitu
1) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Cina
2) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Filipina
3) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Mesir
4) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Libya
5) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme India
6) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Birma
7)
a. Menganasisis sebab keberhasilan Mao Zedong mengkomuniskan Cina
b. Menganalisis sebab keberhasilan ajaran Swadesi Mahatma Gandhi menentang Inggris di India
c. Menganalisis sebab pecahnya India dan munculnya Negara Pakistan
               (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, , cinta tanah air,dan gemar              
               membaca.
Masing-masing kelompok membaca dari buku sumber dan mendiskusikan dalam kelompoknya.
Salah satu  kelompok mepresentasikan hasil kerja kelompoknya yang dipilih secara acak.
Kelompok lain memberikan tanggapan, pertanyaan dan saran
3. Kegiatan Penutup
Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Siswa dengan dipandu guru 2 menyimpulkan pelajaran .


E. Sumber Belajar
Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 169 – 184)
Peta konsep
Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian

1. Jelaskan sebab sebab keberhasilan Mao Zedong mengkomuniskan Cina !
2. Jelaskan sebab munculnya nasionalisme Philiphina !
3. Jelaskan sebab munculnya nasionalisme Mesir  !
4. Jelaskan sebab keberhasilan ajaran Swadesi Mahatma Gandhi menentang Inggris di India
5. Jelaskan sebab sebab pecahnya India dan munculnya Negara Pakist


Indikator Nilai Karakter:
       Rasa ingin tahu:
1. Sering mengajukan pertanyaan tentang materi yg. dipelajari
2. Sering mengajukan pertanyaan dan memiliki buku sumber lebih dari 1

       cinta tanah air:
1. Menggunakan bahasa Indonesia yg. baik dalam PBM
2. Mampu mengambil pelajaran dari peristiwa yg .terjadi demi kelangsungan bangsa

Gemar membaca:
1. Membaca bahan ajar seperti yang diminta oleh guru.
2. Bertanya atau berpendapat sebagai respon dari membaca bahan ajar.
Cara Penilaian:
No.
PencapaianNilai
Karakter yang Teramati
NilaiKarakter yang Teramati
Skor
Kua-litatif
Teliti
cinta tanah air
Gemar
Membaca
1
2
1
2
1
2


1
MB (membudaya)
4
4
4
4
4
4
20-24
A
2
MK (mulaiberkembang)
3
3
3
3
3
3
13-19
B
3
MT (mulaiterlihat)
2
2
2
2
2
2
7-12
C
4
BT  (belumterlihat)
1
1
1
1
1
1
1-6
D

Keterangan Pencapaian Nilai Karakter:
BT   :  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT   :  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MK  :  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MB  :    Membudaya/Mulai Konsisten (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment