SEKOLAH : SMA XXXX
MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER : X / I
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Memahami Hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI)
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Hakikat Bangsa dan Unsur-unsur terbentuknya Negara
Indikator : 1. Menguraikan pengertian Bangsa
2. Mendeskripsikan unsur-unsur terbentuknya Bangsa
3. Menguraikan pengertian Negara
4. Mengidentifikasi unsur-unsur terbentuknya Negara
5. Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk
sosial
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,diharapkan siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian bangsa
2. Mengidentifikasi unsur-unsur terbentuknnya bangsa
3. Menjelaskan pengertian negara
4. Mengidentifikasi unsur-unsur terbentuknya Negara
5. Menjelaskan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk social
II. Materi Pembelajaran
HAKIKAT BANGSA dan NEGARA
1. Pengertian dan unsur-unsur terbentuknya bangsa
2. Pengertian dan unsur-unsur terbentuknya Negara
3. Kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk social
III. Metode Pembelajaran
1. Penugasan
2. Tanya jawab
3. Informasi
4. Diskusi
IV. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam,mengabsen dan memeriksa kesiapan siswa
2. Apersepsi : mempertanyakan tentang kapan terbentuknya bangsa dan Negara Indonesia
3. Motivasi: Jelaskan pengertian bangsa
Jawab : Bangsa adalah sekelompok manusia yang menempati suatu wilayah dan diikat oleh suatu persamaan
4. Mencapai tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a. Siswa ditugaskan membaca bahan ajar mengenai pengertian bangsa dan Negara
b. Siswa menemukan sendiri tentang:
1. Unsur-unsur terbentuknya bangsa
2. Unsur-unsur terbentuknya Negara
3. Kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
c. Guru secara acak menunjuk siswa untuk menyampaikan apa yang telah ditemukannya
2. Elaborasi
Guru mempertegas dan meluruskan jawaban yang disampaikan siswa
3. Konfirmasi
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan
C. Kegiatan Akhir
1. Refleksi: Guru bersama siswa merenungkan tentang materi yang telah diberikan
2. Guru menguji ketercapaian indikator dengan mengajukankan beberapa pertanyaan
3. Guru memberikkan tugas: Membaca tentang unsure-unsur terbentuknya Negara
V. Kelengkapan Pembelajaran
1. Media : Chart berupa peta konsep dan bahan ajar
2. Sumber Belajar:
a. Budiyanto.2007.Pendidikan Kewarganegaraan SMA kelas X.Jakarta:Penerbit Erlangga hal
b. Suprapto,dkk.2007.Pendidikan Kewarganegaraan SMA kelas X.Jakarta:Bumi Aksara hal
c. Kreatif /LKS .2006.Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA kelas X semester gasal.Klaten: Viva Pakarindo hal 3 – 15. Untuk Soal Penilaian dan Rubrik Penilaian bisa baca di : Soal KWn tentang Hakikat Bangsa dan Negara.
MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER : X / I
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Memahami Hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI)
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Hakikat Bangsa dan Unsur-unsur terbentuknya Negara
Indikator : 1. Menguraikan pengertian Bangsa
2. Mendeskripsikan unsur-unsur terbentuknya Bangsa
3. Menguraikan pengertian Negara
4. Mengidentifikasi unsur-unsur terbentuknya Negara
5. Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk
sosial
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,diharapkan siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian bangsa
2. Mengidentifikasi unsur-unsur terbentuknnya bangsa
3. Menjelaskan pengertian negara
4. Mengidentifikasi unsur-unsur terbentuknya Negara
5. Menjelaskan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk social
II. Materi Pembelajaran
HAKIKAT BANGSA dan NEGARA
1. Pengertian dan unsur-unsur terbentuknya bangsa
2. Pengertian dan unsur-unsur terbentuknya Negara
3. Kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk social
III. Metode Pembelajaran
1. Penugasan
2. Tanya jawab
3. Informasi
4. Diskusi
IV. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam,mengabsen dan memeriksa kesiapan siswa
2. Apersepsi : mempertanyakan tentang kapan terbentuknya bangsa dan Negara Indonesia
3. Motivasi: Jelaskan pengertian bangsa
Jawab : Bangsa adalah sekelompok manusia yang menempati suatu wilayah dan diikat oleh suatu persamaan
4. Mencapai tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a. Siswa ditugaskan membaca bahan ajar mengenai pengertian bangsa dan Negara
b. Siswa menemukan sendiri tentang:
1. Unsur-unsur terbentuknya bangsa
2. Unsur-unsur terbentuknya Negara
3. Kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
c. Guru secara acak menunjuk siswa untuk menyampaikan apa yang telah ditemukannya
2. Elaborasi
Guru mempertegas dan meluruskan jawaban yang disampaikan siswa
3. Konfirmasi
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan
C. Kegiatan Akhir
1. Refleksi: Guru bersama siswa merenungkan tentang materi yang telah diberikan
2. Guru menguji ketercapaian indikator dengan mengajukankan beberapa pertanyaan
3. Guru memberikkan tugas: Membaca tentang unsure-unsur terbentuknya Negara
V. Kelengkapan Pembelajaran
1. Media : Chart berupa peta konsep dan bahan ajar
2. Sumber Belajar:
a. Budiyanto.2007.Pendidikan Kewarganegaraan SMA kelas X.Jakarta:Penerbit Erlangga hal
b. Suprapto,dkk.2007.Pendidikan Kewarganegaraan SMA kelas X.Jakarta:Bumi Aksara hal
c. Kreatif /LKS .2006.Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA kelas X semester gasal.Klaten: Viva Pakarindo hal 3 – 15. Untuk Soal Penilaian dan Rubrik Penilaian bisa baca di : Soal KWn tentang Hakikat Bangsa dan Negara.
Share Yuk
No comments:
Post a Comment