Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional

   
Menghitung pendapatan nasional memiliki tujuan untuk meng-ukur peringkat kemakmuran sebuah negara. Ini dilakukan agar memperoleh data dan rincian tentang produk barang dan jasa yang dihasilkan oleh sebuah negara dalam periode tertentu.
manfaat penghitungan pendapatan nasional

Dengan menghitung pendapatan nasional ini juga bisa ditelaah bagaimana struktur ekonomi suatu negaradan membandingkan pertumbuhan tersebut dari waktu ke waktu. Dari tujuan  yang dipaparkan bisa disimpulkan berikut manfaat melakukan perhitungan pendapatan nasional.

Sumber Pengetahuan dan Bahan Analisis Struktur Ekonomi

Dari data yang diperoleh ketika melakukan perhitungan pendapatan nasional maka sebuah negara bisa digolongkan menjadi apakah negara tersebut pantas disebut negara industri, negara agraris, negara maritim dan sebagainya. Semisal, di Indonesia, karena dalam perhitungan pendapatan nasional, di dapat data bahwa hasil sektor pertanian memberikan pengaruh besar pada pendapatan nasional. Maka Indonesia digolongkan pada negara Agraris. Inilah yang disebut sebagai sumber pengetahuan.

Sebelum menarik kesimpulan bahwa negara tersebut masuk jenis negara apa, maka akan diperoleh data. Data data pendapatan nasional ini yang akan di analisis. Inilah pengertian bahwasanya pendapatan nasional sebagai sumber analisis.


Tolok Ukur Perkembangan dan Pertumbuhan Ekonomi

Dari hasil perhitungan pendapatan nasional akan diperoleh sebuah data. Kemudian pada tahun berikutnya juga demikian. Dengan membandingkan perhitungan dari tahun ini dan tahun sebelumnya misalkan, bisa dianalisis dan ditarik kesimpulan bagaimana perkembangan ekonomi dalam daerah tersebut. Terkait : Contoh Perhitungan dan Pembahasan Pendapatan Nasional

Selain itu ini juga akan membantu dalam menganalisis inflasi. Apa penyebab inflasi? Karena apa inflasi terjadi, penurunan di sektor apa yang membuat keadaan menjadi seperti ini. 

Tolok Ukur Perbandingan Perekonomian antara dua Negara

Dari data yang diperoleh di negara A. Kemudian hasil yang diperoleh di negara B. Ini akan menunjukkn sebuah nilai yang bisa dibandingkan. Dengan demikian bisa ditentukan perekonomian mana yang lebih baik.

Semakin tinggi pendapatan nasional maka akan semakin baik keadaan ekonomi di daerah tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika pendapatan nasional makin menurun maka, artinya keadaan ekonomi di daerah tersebut termasuk kategori yang kurang baik.

Pemberi Saran dalam Menentukan Kebijakan

Pengambilan suatu kebijakan harus tepat waktu dan tepat sasar. Apalagi dalam bidang perekonomian. Untuk memberi saran dan sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah, maka bisa diambil sumber salah satuna adalah perhitungan pendapatan nasioal. TerkaitKebijakan Ekonomi, Kebijakan Fiskal dan Kebijakan Moneter.

Jika pendapatan nasional menurun, tentu akan dilihat faktor penyebabnya apa. Kemudian ini yang menjadi dalih pemerintah untuk menentukan kebijakan apa yang harus dilakukan.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment