Soal Ekonomi dan Pembahasan tentang Badan Usaha (160912)

   
 Pada contoh soal dan pembahasan kali ini akan diberikan materi tentang Badan Usaha. Sebelum mengerjakan dan melihat pembahasan soal soal ini sebaiknyya diluangkan waktu sejenak untuk membaca tentang materi tentang pada usaha ini pada artikel terkait : Pengertian, Jenis dan Bentuk Badan Usaha.

Soal Ekonomi tentang Badan Usaha

Soal 1. Bentuk usaha yang sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 1 adalah. [ a) Koperasi    b) badan usaha swasta      c) badan usaha negara     d) badan usaha daerah    e) badan usaha negara dan daerah.]

Soal 2. Pengertian badan usaha adalah.
a) badan usaha yang permodalannya sebagian/keseluruhan modalnya dari pemerintah.
b) kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan mencari keuntungan.
c) badan usaha yang didirikan dan dimodali oleh seseorang ataupun bentuk kelompok.
d) badan hukum yang didirikan oleh seseorang atau kelompok.
e) badan usaha yang memiliki kekuatan sistem perkonomian.

Soal 3. Fungsi pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan dan personalia serta admiistrasi akuntansi aalah bagian dari fungsi badan usaha yaitu fungsi.  [ a) komersil   b) operasional   c) manajerial    d) sosial     e) situasional.]

Soal 4. Perhatikan pernyataan dibawah ini.
i. usaha dibidang ini adalah bank, asuransi, perusahaan angkutan dan hiburan.
ii. usaha dibidang ini adalah kios, toko, warung dan perusahaan ekspor - impor.
iii. usaha dibidang ini adalah perajin sepatu, industri buku dan perusahaan lampu.
iv. usaha dibidang ini adalah peternakan, perkebunan dan pertanian.
v. usaha dibidang ini adalah pertambangan, penebangan kayu dan pengambilan hasil hutan lainnya.
Dari pernyataan di atas yang merupakan jenis badan usaha yang bergerak di bidang agraris adalah.  [ a) 1   b) 2      c) 3     d) 4      e) 5. ]


Soal 5. Yang bukan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah... [ a) perusahaan jawatan.   b) perusahaan umum.   c) perseroan perusahaan    d) badan usaha perusahaan daerah    e) persekutuan komanditer. ]

Soal 6. Perusahaan persekutuan adalah perusahaan yang dimiliki oleh dua/lebih pemilik modal. Ada 3 bentuk perusahaan komanditer yaitu.
a) perusahaan jawatan, perusahaan umum, perseroan terbatas.
b) perusahaan umum, perseroan terbatas dan firma.
c) perseroan terbatas,firma dan persekutuan komanditer.
d) firma, persekutuan komanditer dan perusahaan  jawatan.
e) persekutuan komanditer, perusahaan jawatan dan perusahaan umum.

Soal 7. Perusahaan negara yang modalnya berupa saham yang dimiliki pemerintah baik seluruhnya ataupun sebagian yang bergerak di bidang industri dengan tujuan mencari keuntungan adalah.  [ a) perusahaan jawatan.   b) perusahaan umum    c) perseroan perusahaan   d) badan usaha perusahaan daerah     e) badan usaha perusahaan swasta. ]

Soal 8. Penyelenggaraan kegiatan usaha yang bersifat melengkapi perusahaan swasta dan koperasi antaralain degan menyediakan kebutuhan masyarakat dalambarang dan jasa dan memberikan playanan berkualitas dan memadai. Ini adalah peran BUMN dalam perkonomian menurut Undang Undang.
[ a) no 16 tahun 2003    b) no 17 tahun 2003   c) no 18 tahun 2003  d) no 19 tahun 2003   e) no 20 tahun 2003. ]

Soal 9. Perusahaan mewujudkan dan mengembangkan ekonomi nasional yang merupakan usaha bersama aras asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi merupakan peran dari.  [ a) BUMN   b) BUMD  c) pemerintah daerah  d) BUMS      e) koperasi.

Soal 10. Bentuk kerja sama antara beberapa perusahaan yang bergerak di bidang usaha yang sama dengan tujuan meningkatkan keuntungan dan mengurangi persaingan serta menguasai pasar adalah. [ a) kartel    b) trust    c) holding company   d) concern  e) syndikat.]

Pembahasan Soal Ekonomi tentang Badan Usaha      

soal pg dan pembahasan tentang badan usaha
1. Pada UD 1945 pasal 33 dijelaskan bahwa ekonomi berdasarkan asas kekeluargaan. Ini mennjukkan prinsip koperasi. Jawaban A. Selengkapnya tentang koperasi baca di : Materi Ekonomi SMA: Koperasi.

2. Pengertian yang benar tentang badan usaha adalah  kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan mencari keuntungan. Jawaban B.

3. Fungsi yang didefenisikan pernyataan soal merupakan fungsi operasional. Jawaban B.

4. Kata kunci untuk agraris adalah pertanian. Jawaban D.

5. Bentuk usaha dari BUMN adalah perusahaan jawatan, perusahaan umum, perseoran perusahaan dan badan usaha milik daerah. Jawaban E. 

6. Bentuk perusahaan persekutuan ada 3. Yaitu perseroan terbatas (PT), Firma (Fa), persekutuan komanditer (CV). Jawaban E.

7. Perseroan perusahaan adalah perusahaan negara yang modalnya berasal dari pemerintah baik sebagian ataupun keseluruhan. Contohnya, PT Bank Mandiri, PT Garuda Indonesia. Jawaban C.

8. Peran BUMN dijelaskan dalam UU no 19 tahun 2003. Jawaban yang benar adalah D.

9. Semua soal dengan kata kunci asas kekeluargaan pasti tentang koperasi. So, jawaban D.

10. Kartel adalah bentuk kerja sama perusahaan yang bergerak di bidang yang sama. Tujuan kartel adalah untuk meningkatkan keuntungan, mengurangi persaingan,  dan memperluas kekuatan bisnis dalam menguasai pasar. Jawaban A. Bentuk kerja sama lain bisa dibaca di : Macam Macam Kerja Sama antara Badan Usaha.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

1 comment: