Pengertian Pemasaran dan Unsur Unsur dalam Pemasaran

   
Pengertian pemasaran adalah sebuah kegiatan dan proses yang melibatkan segala aspek sosial, politik, budaya, ekonomi dan manajemen dalam sebauh kelompok ataupun individu dalam mencapai pemenuhan kebutuhan. Aspek tersebut akan melibatkan pihak yang menawarkan sebagai penyedia dan penyalur kebutuhan dan pihak yang meninginkan dan membutuhkan.
Unsur dalam pemasaran ada 3 macam. Pertamamengenai strategi persaingan, kedua teknik pemasaran dan terakhir tentang nilai dari pemasaran.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran akan melibatkan ha hal mengenai cara dan rencana dalam memasarkan alat pemenuhan kebutuhan pada konsumen. Dalam hal ini diklasifikasikan hal yang mempengaruhi pemasaran ini antara lain segmentasi pasar, target pasar dan posisi pasar.

Maksud dari segmentasi pasar adalah  pembagia pasar dimana sebelumnya telah di identifikasi kelompok kelompok pembeli menurut kriteria tertentu. Beberapa pembeli akan dikelompokkan sesuai karakteristik, jenis kebutuhan dan kriteria lainnya. Ini akan memudahkan para pemasar menganalisis strategi marketing apa yang harus dijalankan.

Maksud dari target pasar adalah sasaran yang lebih detail dari segmentasi pasar. Misalkan,ketika pasar telah dikelompokkan menurut usia, maka setelah dipertimbangkan dan dianalisis, sasaran penjualan produk atau segmen pasar ternyata adalah anak remaja umur 20 sampai 25 tahun misalnya.

Posisi pasar, maksudnya bukan letak pasar secara fisik. Posisi ini merujuk pada letak pemilik/penyalur alat pemnuhan kebutuhan dibanding pesaing lain. Termasuk dalam hal ini kelebihan dan keunggulan produk yang ddikomunikasikan sehingga mampu menjadi pilihan konsumen.

Teknik Pemasaran

Teknik pemasaran, dalam bahasa yang lebih sederhana disebut dengan taktik pemasaran. Ini berhubungan sekali dengan diferensiasi. Diferensiasi adalah bagaimana cara melakukan pemasaran yang unik sehingga berbeda dengan pesaing lain.

Juga ini berhubungan dengan bentuk bauran pemasaran. Bauran ini akan meninjau pemasaran dalam segi produk, harga, cara promosi dan iklan serta lokasi pemasaran yang tepat.

Nilai Pemasaran

Nilai pemasaran merupakan identitas yang menunjukkan level pemasaran. Level ini akan memberikan tingkat keberhasilan pemasaran. Adapun hal yang menjadi patokan nilai pemasaran ini adalah.

1) Brand / Merek

Pengelolaan brand yang baik akan memberikan dua efek positif secara umum. Pertama, konsumen lebih mudah dalam memberikan penilaian tentang produk. Dengan merek ini konsumen akn menciptakan 'cap' yang mengharuskan mereka untuk menggunakan produk ini ke depannya. Lebih jauh konsumen juga memberikan rekomendasi pada konsumen lain yang memiliki kebutuhan yang sama.

Efek merek berikutnya dengan adanya nilai pemasaran adalah pencitraan produk. Semakin populernya merk akan menunjukkan kesuksesan dari pemasaran yang dilakukan. Pengelolaan merek ini (brand equity) dapat dilakukan dengan 5 cara,
  1. Brand Loyalty, yaitu pengelolaan dengan peningkatan jumlah pembelian dan menciptakan kepuasan yang baik pada konsumen. 
  2. Brand Awareness, yaitu promosi dengan meingatkan kepada konsume manfaat produk dengan merek yang dimiliki
  3. Persepsi kualitas, yaitu menciptakan persepsi kepada konsumen bahwasanya produk yang ditawarkan memiliki kualitas prima dan akan dipertahankan bahkan akan ditingkatkan kedepannya. Sehingga ini membuat para konsumen telah memiliki pemikiran bahwa tidak akan kecewa dengan menggunakan merek tersebut.
  4. Brand Asociations, yaitu dengan memberikan perasaan positif pada pelanggan ketika menggunakan produk yang di tawarkan. Contohnya Aqua, jika membeli 1 liter Aqua, anda berarti telah membantu 10 liter air untuk daerah kekurangan air. Ini akan membuat konsumen rela membeli produk demi membantu sesama dan menciptakan perasaan positif bahwa konsumen ikut dalam melaksanakan kegiatan positif lain.
  5. Brand Assets yaitu pngelolaan merk yang berkaitan dengan memberikan keunggulan tertentu pada produk yang ditawarkan.

2) Service / Pelayanan



Pemasaran dengan memberikan jasa pada konsumen. Misalkan contoh sederhana ketika membeli TV kabel / Parabola. Maka konsumen diberikan layanan pasang gratis. Atau contoh lain, ketika berbelanja di toko online tertentu, konsumen dilayani bebas ongkos kirim.

3) Proses

Proses merupakan cara memasarkan dengan melibatkan semua pihak dalam perusahaan, termasuk karyawan dan memiliki  andil dalam mendukung pemasaran demi mencapai kepuasan konsumen ketika konsumsi produk. Baik ini dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment