RPP PKn tentang Pasal Pasal UUD 1945

   
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / Satu
Kelompok Mapel : Wajib A
Materi Pokok : Pasal – pasal UUD 1945
Alokasi Waktu : 4 x 2 JP

Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku   jujur,disiplin,tanggungjawab,peduli(gotongroyong,kerjasama,toleran,damai),santun,responsive dan pro-aktif dan menunjukkkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan Bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan,menganalisis pengetahuan factual,konseptual,procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni,budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
1.2 Mengamalkan isi pasal 28E dan pasal 29 ayat 2 UUD NKRI 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
1.3 Menghayati persamaan kedudukan warganegara tanpa membedakan ras,agama dan kepercayaan,gender,golongan,budaya dan suku dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara
2.3 Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal UUD NKRI 1945 dalam berbagai aspek kehidupan
3.2 Menganalisis pasal-pasal yang menagatur tentang wilayah Negara,warganegara dan penduduk,agama dan kepercayaan,pertahanan dan keamanan

4.2 Menyajikan hasil kajian pasal-pasal yang menagatur tentang wilayah Negara,warganegara dan penduduk,agama dan kepercayaan,pertahanan dan keamanan
4.10.1 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati dan  
           menghargai dalam keberagaman suku,agama,ras,budaya dan gender

Indikator    
1. Menjelaskan wilayah Negara
2. Menguraikan macam-macam wilayah Negara
3. Menjelaskan warganegara dan penduduk
4. Menganalisis asas-asas penentuan warganegara
5. Menjelaskan peraturan perundangan mengenai warganegara dan penduduk
6. Menguraikan pasal-pasal yang mengatur aspek-aspek dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara ( agama dan pertahanan keamanan)
7. Menghubungkan pasal-pasal tentang wilayah Negara,warganegara dan penduduk,agama dan kepercayaan,pertahanan dan keamanan
8. Menyusun data mengenai pasal-pasal UUD 1945 tentang wilayah,warganegara dan penduduk,agama dan kepercayaan,pertahanan dan keaman
9. Mengolah data berkaitan dengan pasal-pasal UUD 1945
10. Menyajian hasil laporan

Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Melalui proses mencari informasi,menanya dan berdiskusi peserta didik dapat:
1. Menjelaskan wilayah negara
2. Menguraikan macam-macam wilayah Negara
3. Menjelaskan prosedur pembuatan batas wilayah Negara
4. Menganalisis pasal yang mengatur tentang wilayah Negara
Pertemuan Kedua
5. Menjelaskan pengertian warganegara dan penduduk
6. Menjelaskan asas penentuan kewarganegaraan
7. Menjelaskan pewarganegaraan dan stelsel kewarganegaraan
8. Menganalisis jaminan hukum persamaan warganegara
Pertemuan Ketiga
9. Menjelaskan agama dan kepercayaan yang ada di Indonesia
10. Menganalisis pasal UUD 1945 yang menjamin kebebasan memeluk agama
11. Menunjukkan sikap perbuatan dalam mewujudkan kerukunan antarumat beragama
Pertemuan Keempat
12. Menjelaskan pasal UUD 1945 yang mengatur tentang pertahanan dan keamanan
13. Menunjukkan sikap perbuatan yang harus dimiliki dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara
14. Memberikan contoh partisipasi dalam rangka menjaga pertahanan dan keamanan

Melalui proses mencoba,mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1. Menyusun data mengenai pasal-pasal UUD 1945 tentang wilayah,warganegara dan penduduk,agama dan kepercayaan,pertahanan dan keaman
2. Mengolah data berkaitan dengan pasal-pasal UUD 1945
3. Menyajian hasil laporan

Materi Pembelajaran
Fakta :
1. Wilayah Negara
2. Warganegara dan pendudu
3. Agama dan kepercayaan
4. Pertahanan dan keamanan
Konsep:
1. Macam-macam wilayah Negara
2. Pengertian warganegara dan penduduk
3. Pasal yang mengatur agama dan kepercayaan
4. Pasal yang mengatur pertahanan dan keamanan
Prinsip :
1. Pasal-pasal UUD 1945
2. UU mengenai Kewarganegara Indonesia
Prosedur
1. Tata cara menjadi warganegara Indonesia

Metode Pembelajaran
1. Strategi : PBL
2. Pendekatan : Saintifik
3. Metode : a. Pengamatan
  b. Diskudi kelompok
  c. Presentasi
  d. Penugasan

Alat/Media/Bahan
1. Alat : surat kabar,majalah dan media massa lainnya
2. Media : Kliping pembelajaran tentang pasal-pasal UUD 1945
3. Bahan ajar : Buku PPKN kelas XI,UUD 1945,UU mengenai kewarganegaraan Indonesia

Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Rincian kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
  1. Menyiapkan peserta didik tentang: a. imtaq  b. peduli lingkungan c. disiplin d. administrasi
  2. Apersepsi : bertanya pada  peserta didik mengenai materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi sekarang
  3. Motivasi : menanyakan mana saja batas wilayah Negara Indonesia
  4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
  1. Membaca buku teks mengenai wilayah negara
  2. Mencermati pembagian wilayah negara
Menanya
  1. Menanyakan pengertian wilayah negara
  2. Menanyakan macam-macam wilayah Negara
  3. Menanyakan prosedur pembuatan batas wilayah Negara
  4. Menanyakan peraturan perundangan mengenai batas wilayah Negara
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
  1. Menentukan sumber data akurat yang ada mengenai wilayah negara
  2. Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang batas wilayah negara
  3. Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang batas wilayah Negara
Mengasosiasikan
  1. Mencari hubungan pasal yang mengatur wilayah Negara dengan peraturan Internasional
Mengkomunikasikan
  1. Mempresentasikan hasil analisis tentang pasal-pasal mengenai wilayah negara
  2. Menyampaikan hasil temuan tentang pasal-pasal mengenai wilayah negara
60 menit
Kegiatan Penutup
  1. Bersama peserta didik menyimpulkan pasal mengenai wilayah Negara
  2. Guru akan mengkonfirmasikan hal-hal yang belum dikuasai siswa
  3. Memberikan tugas untuk membaca materi untuk minngu depan
  4. Melaksanakan postes lisan untuk menguji kepercapaian materi
15 menit


Pertemuan Kedua
Rincian kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
  1. Menyiapkan peserta didik tentang: a. imtaq  b. peduli lingkungan c. disiplin d. administrasi
  2. Apersepsi : merefleksi pembahasan wilayah negara
  3. Menagih dan mengingatkan tugas minggu lalu mengenai warganegara dan penduduk
  4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
  1. Membaca buku sumber mengenai warganegara dan penduduk
Menanya
  1. Siswa mengajukan pertanyaan tentang sesuatu yang ingin diketahuinya lebih mendalam terkait dengan warganegara dan penduduk
Mengekspreimenkan/mengeksplorasi kan
  1. Setiap siswa akan mendiskusikan pertanyaan yang mereka buat dan materi yang menjadi tugasnya
Mengasosiasikan
  1. Mencari hubungan pasal yang mengatur warganegara dan penduduk dengan UU atau peraturan kewarganegaraan
Mengkomunikasikan
  1. Mempresentasikan hasil analisis tentang pasal-pasal mengenai warganegara dan penduduk
  2. Menyampaikan hasil temuan tentang pasal-pasal meneganai warganegara dan penduduk

60 menit
Kegiatan Penutup
  1. Bersama peserta didik menyimpulkan siapa yang menjadi warganegara dan penduduk suatu Negara
  2. Guru akan mengkonfirmasikan hal-hal yang belum dikuasai siswa
  3. Memberikan penilaian untuk menguji ketercapaian materi dengan mengajukan pertanyaan secara lisan
  4. Memberikan tugas untuk mencari macam-macam agama yang ada di Indonesia
15 menit





Pertemuan Ketiga
Rincian Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
  1. Menyiapkan peserta didik tentang: a. imtaq  b. peduli lingkungan c. disiplin d. administrasi
  2. Apersepsi : merefleksi pembahasan warganegara dan penduduk
  3. Menagih dan mengingatkan tugas mencari agama yang ada di Indonesia
  4. Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui presentasi

15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
  1. Siswa disuruh membaca buku teks dan sumber bacaan lainnya sesuai dengan tugas yang diberikan
Menanya
  1. Siswa mengajukan pertanyaan tentang yang ingin diketahuinya lebih mendalam terkai agama dan kepercayaan

Mengekspreimenkan/mengeksplorasi kan
  1. Mengumpulkan data yang telah dicari siswa mengenai tugas yang diberikan
  2. Setiap siswa akan mendiskusikan pertanyaan yang mereka buat dan materi yang menjadi tugasnya

Mengasosiasikan
  1. Mencari hubungan pasal-pasal UUD 1945 menyangkut masalah agama dan kepercayaan
  2. Membuat kesimpulan dari tugas yang diberikan

Mengkomunikasikan
  1. Mempresentasikan tentang pasal menyangkut agama dan kepercayaan
  2. Menyampaikan hasil temuan tentang sikap yang harus dimiliki dalam mewujudkan kerukunan antarumat beragama

60 menit
Kegiatan Penutup
  1. Bersama peserta didik menyimpulkan fungsi agama dalam kehidupan serta sikap yang harus ditumbuhkan dalam kehidupan beragama
  2. Memberikan tugas membaca untuk pertemuan berikutnya tentang pertahanan dan keamanan
  3. Guru memberikan penilaian untuk menguji ketercapaian materi dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan

15 menit
Pertemuan Keempat
Rincian Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
  1. Menyiapkan peserta didik tentang: a. imtaq  b. peduli lingkungan c. disiplin d. administrasi
  2. Apersepsi : merefleksi pembahasan agama dan kepercayaan
  3. Menagih dan mengingatkan tugas apa yang telah dibaca siswa
  4. Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui presentasi

15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
  1. Siswa disuruh membaca buku teks dan sumber bacaan lainnya sesuai dengan tugas yang diberikan
Menanya
  1. Siswa mengajukan pertanyaan tentang yang ingin diketahuinya lebih mendalam terkait pertahanan dan keamanan

Mengekspreimenkan/mengeksplorasi kan
  1. Mengumpulkan data yang telah dicari siswa mengenai tugas yang diberikan
  2. Setiap siswa akan mendiskusikan pertanyaan yang mereka buat dan materi yang menjadi tugasnya

Mengasosiasikan
  1. Mencari hubungan pasal-pasal UUD 1945 menyangkut pertahanan dan keamanan
  2. Membuat kesimpulan dari tugas yang diberikan

Mengkomunikasikan
  1. Mempresentasikan tentang pasal menyangkut pertahanan dan keamanan
  2. Menyampaikan hasil temuan tentang sikap yang harus dimiliki dalam rangka menjaga pertahanan dan keamanan

60 menit
Kegiatan Penutup
  1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
  2. Guru mengkonfirmasikan hal-hal yang belum dikuasai siswa
  3. Guru memberikan penilaian untuk menguji ketercapaian materi dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan
  4. Guru mengingatkan untuk persiapan Ulangan Harian minggu depan


15 menit

Alat dan Sumber Belajar:
Alat : Gambar,peta Slide,LCD
Bahan : Lembaran tugas

Sumber Belajar
1. Buku pegangan kurikulum 2013
2. Buku PpKN kelas XI
3. UUD NKRI tahun 1945
4. Buku yang relevan

Penilaian Proses dan Hasil Belajarnya
· Tehnik : Observasi dan diskusi
· Bentuk : Essay, Unjuk kerja dan Porto folio
· Instrumen : Tes dan non Tes

Tugas
a. Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pasal-pasal yang mengatur wilayah Negara,warganegara dan penduduk,agama dan kepercayaan,pertahanan dan keamanan

b. Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan dan penugasan

c. Membuat laporan hasil pengamatan dan penugasan

d. Mempresentasikan hasil penugasan dan pengamatan di depan kelas(format presentasi terlampir
Observasi

Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kerukunan antarumat beragama dan menjaga pertahanan dan keamanan
Portofolio

Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang pasal-pasal yang mengatur wilayaah Negara,warganegara dan penduduk,agama dan kepercayaan,pertahanan dan keamanan(format portofolio terlampir)

Tes : Baca Soal dan Rubrik Penilaian tentang Pasal Pasal UUD 1945.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment