Apa itu Investasi? Berikut Pengertian dan Ciri Ciri Investasi

   
Antara investasi dan tabungan terkadang orang masih banyak yang menganggapnya sama. Memang secara kasat mata ini sama sama harta yang dimiliki oleh seseorang. Investasi masa depan, ya begitu kalimat paling lazim yang sering anda dengarkan.
Pengertian dan Ciri Ciri Investasi
Pengertian investasi menurut ahli, dikutip dari Sukirno,  adalah pengeluaran dalam rangka menanam modal seperti kegiatan pembelian barang modal, perlengkapan untuk produksi dengan tujuan meningkatkan produktivitas barang dan jasa dalam ekonomi.

Pada prakteknya, pencatatan nilai modal yang ditanam, dilakukan dalam perioda tahun tertentu.  Adapun yang termaktub dalam modal investasi ini sebagai berikut,

  1. Pembelian barang seperti mesin untuk produksi dalam sektor produksi dan industri
  2. Pendirian aset fisik seperti rumah, bangunan pabrik ataupun kantor.
  3. Pembelian ataupun penambahan nilai pada barang seperti stok bahan mentah untuk produksi
Berdasarkan defenisi di atas, bisa disimpulkan bahwasanya ciri ciri investasi adalah,
1) Bermanfaat dalam periode waktu tertentu. Artinya, kegiatan yang dilakukan akan memperoleh manfaat dalam peningkatan nilai ekonomi.

2) Nilai, akan besar jika dibandingkan dengan output yang dihasilkan dalam periode tertentu. Memang bisa dikatakan akan memperoleh tertentu. Namun hasil dari investasi tersebut (dalam satu kali menghasilkan) tidak akan lebih besar dari nilai pembelian investasi itu sendiri. Mungkin nilainya akan besar dalam beberapa kali kegiatan produksi. Contoh membeli mesin pabrik, pada produksi pertama dari mesin tersebut tidak akan melebihi nilai pembelian mesin itu.

3) Menyangkut ciri kedua, sebuah investasi akan dirasakan manfaatnya dalam waktu panjang dan berulang kali.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment