Mengenal Jenis Jenis Inflasi

   
Secara teori ekonomi, inflasi bisa digolongkan dalam beberapa jenis kelompok. Pengelompokkan tersebut yaitu,
Mengenal Jenis Jenis Inflasi

Inflasi Menurut Sifat

Menurut sifatnya ada tiga macam macam inflasi. Apa itu?

Inflasi Merayap atau dikenal dengan creeping inflation. Artinya adalah inflasi dimana laju inflasi kurang dari 10% / tahun. Pergerakan inflasi ini sangat lamban dalam waktu yang panjang. Inflasi merayap ini tidak memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian.

Inflasi menengah atau galloping inflation artinya inflasi  dalam kisaran 2 digit dan di atas 10%. Terjadi dalam waktu singkat dan memiliki dampak pada percepatan dan totalitas.

Inflasi tinggi atau hyper-inflation, artinya tingkat inflasi yang sangat tinggi sekali. Potensi inflasi ini sangat besar untuk merusak perekonomian bangsa. Tanda tanda inflasi jenis ini dimana harga barang merangkak naik dalam waktu singkat.

Inflasi Menurut Besarnya

Berdasarkan besarnya, Inflasi bisa dibedakan atas,
  1. Inflasi rendah. Hampir sama dengan creeping inflation
  2. Inflasi sedang dimana pergerakan inflasi dalam kisaran 10 hingga 30 persen /tahun. Cukup memberikan dampak yang dirasakan masyarakat terutama yang memiliki penghasilan tetap seperti karyawan.
  3. Inflasi berat, tingkat inflasi dalam kisaran 30 hingga 100%. Pengaruh besar terjadi hingga mungkin beberapa lembaga keuangan seperti bank hilang. Ini rata rata terjadi karena faktor politik.
  4. Hyper-Inflation, tingkat inflasi ini di atas 100%. Penyebab utama biasanya terjadi kudeta. Perekonomia negara sangat parah.

Inflasi Menurut Penyebab

Menurut penyebabnya, inflasi bisa dibedakan atas:
Cost Pull Inflation yaitu inflasi yang disebabkan karena pergeseran kurva agrerat ke arah kiri atas. Sebab ini terjadi karena peningkatan harga faktor produksi di pasar faktor produksi. Akibatnya harga jual komoditi tersebut naik.

Demand Pull Inflation, yaitu inflasi yang disebabkan karena peningkatan agrerat deman pada komoditi di pasar barang hasil produksi.

Inflasi menurut Penyebabnya

Berdasarkan penyebabnya inflasi bisa digolongkan menjadi,
Inflasi Domestic yaitunya inflasi yang disebabkan karena defisit anggaran belanja. Salag satunya disebabkan karena gagal panen.

Inflasi Imported, yaitu inflasi yang disebabkan karena kenaikan harga komoditi barang dari luar negeri yang diimpor sebuah negara.

Keyword:
Apa yang dimaksud dengan laju inflasi?
Apa yang dimaksud dengan inflasi?
Apa yang menyebabkan terjadinya inflasi?
Apa yang dimaksud dengan tingkat inflasi?
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment