Bimbingan Kelompok dalam Pembelajaran

   
 Bimbingan Kelompok merupakan layanan bimbingan yang dilaksanakan delam suaana kelompok untuk mengentaskan suatu masalah yang sama dan anggota kelompok dalam suasana dinamika kelompok yang dinamis. Meurut Prtayitno ( 1995, 23 )
” Dinamika kelompok merupakan sinergi dari semua  faktor yang ada dalam suatu kelompok artinya merupakan pengarahan secara serentak semua faktor yang dapat digerakkan dalam kelompok itu. Dengan demikian, dinamika kelompok merupakan jiwa yang menghidupkan dan menghidupi suatu kelompok ”

        Bimbingan kelompok terdiri dari dua bentuk kegiatan yaitu kelompok bebas dan kelompok tugas, Meunurut Prayitno (1995: 24) : dalam pelaksanaan kelompok melalui pendekatan  kelompok ada dua jenis kelompok yang dapat dikembangkan, yaitu kelompok bebas dan kelompok tugas .
        Bimbingan kelompok dilaksanakan melalui empat tahap kegiatan yaitu :
a. Tahap pembentukan, yaitu tahapan untuk membentuk kerumunan sejumlah individu menjadi satu kelompok yang siap mengembangkan dinamika kelompok dalam mencapai tujuan bersama.
b. Tahap peralihan, yaitu tahapan untuk mengalihkan kegiatan awal kelompok kekegiatan berikutnya yang lebih terarah pada pencapaian tujuan kelompok.
c. Tahap kegiatan, yaitu tahapan ”kegiatan inti” untuk membahas topik-topik tertentu pada bimbingan kelompok atau mengentaskan masalah pribadi anggota kelompok pada Konseling Kelompok.
d. Tahap pengakhiran, yaitu tahapan akhir kegiatan untuk melihat kembali apa yang sudah dilakukan  dan dicapai oleh kelompok, serta merencanakan kegiatan selajutnya.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment